Harga Distributor Material

4 Tempat yang Perlu Diberi Waterproofing Sika Agar Rumah Tak Bolak Balik Bocor

Waterproofing dalam rumah itu sangatlah penting. Apa itu waterproofing? Ini adalah cara agar rumah bisa lebih tahan lama terhadap kondisi iklim seperti hujan dan udara lembab. Saat rumah sudah dilapisi oleh material yang kuat, maka ia akan lebih kuat dan tahan terhadap kondisi iklim seekstrem apapun. Proses pelapisan beberapa sudut rumah ini bisa dengan waterproofing membrane bakar ataupun material sika. Proses waterproofing ini mungkin memang memakan waktu lebih lama dibanding dengan bangunan yang langsung jadi. Namun, kamu akan puas dan nyaman tinggal di rumah yang kamu tinggali. Di dalam rumah, berikut ini adalah tempat yang dianggap penting untuk kamu beri waterproof.

Kamar Mandi yang Menjadi Elemen Paling Penting

Kamar mandi adalah elemen paling penting dalam sebuah rumah. Penghuni rumah akan nyaman dan betah kalau mempunyai kamar mandi yang bersih, tidak sering bocor, dan terawat. Tapi, sebagai tempat yang selalu saja lembab dan digenangi oleh air, kamar mandi terkadang berjamur dan bisa timbulkan banyak flek. Pembersihan setiap hari saja kadang tak cukup untuk menghilangkan noda dan jamur yang ada di sana. Oleh karenanya, kamu bisa mencegah hal tersebut dengan cara waterproofing. Salah satu pelapis anti-bocor yang bisa kamu gunakan adalah waterproofing sika, bahan yang satu ini terkenal bagus dan bisa membuat bangunan lebih tahan terhadap segala macam kebocoran.

Atap (Langit-Langit Rumah) dan Dinding Rumah

Seringkali menjumpai atap atau dinding yang bocor? Mungkin ketika rumah tersebut dibangun, ia tidak diberikan pelapis bocor, sehingga saat hujan deras air tetap bisa merembes dan masuk dalam celah atap dan juga dinding. Untuk kedua area ini, dalam proses pembubuhan waterproof, kamu harus benar-benar memastikan bahwa tidak ada lumut, debu, hingga sisa semen yang masih ada di tempat yang akan diberikan lapisan anti-bocor itu. Selanjutnya, pemilihan jenis waterproof juga mempengaruhi ketahanan langit-langit dan atap. Mayoritas orang yang menggunakan waterproofing membrane bakar dan juga sika yang memang sudah terbukti bagusnya.

Lantai (Termasuk Kalau Mau Meningkat Rumah)

Merupakan bagian dasar rumah, lantai justru merupakan aspek paling penting yang harus dan wajib diberi waterproof. Selain lantai dasar, kamu juga bisa menggunakan waterproof saat ingin meningkat rumah menjadi dua tingkat atau lebih. Apalagi untuk rumah yang terbuat dari beton, maka menggunakan waterproofing sika atau jenis waterproof lain adalah hal yang harus banget. Tentu, tak ada bukan orang yang mau lantainya retak tiba-tiba karena kemasukan air atau lembab yang meresap karena tidak diberi lapisan anti-bocor?

Baca juga: Penyebab Timbulnya Rembesan Air Pada Dinding

Kolam Renang

Sebagian orang mempunyai kolam renang di rumahnya, maka seperti kamar mandi, kolam ini harus juga diberi lapisan anti-bocor agar tidak merembes dan membasahi area rumah yang lain. Ada banyak sekali loh kasus kolam renang yang bocor karena kurang kuat memberikan lapisan pelindung saat proses pembangunannya. Nah, solusi kolam renang ini tak hanya diberi pelindung berupa waterproofing saja, tetapi juga diberi epoxy di bagian beton yang retak. Di setiap sudut kolam juga jangan lupa untuk diberikan material penguat.

4 elemen tersebut bisa kamu perhatikan saat kamu pertama kali akan membangun rumah atau bangunan.  Jikalau hal tersebut dilakukan saat bangunan sudah jadi, maka akan sangat repot dan terhitung bekerja dua kali. Oleh karenanya, empat tempat penting itu wajib banget diberikan materi waterproof agar tahan terhadap gempuran segala cuaca, entah itu panas, lembab, ataupun hujan deras. Semoga bermanfaat!

Exit mobile version