Harga Distributor Material

Patut Dicoba! Inilah 3 Cara Mudah Membersihkan Karpet Kantor

Penggunaan karpet di gedung perkantoran bukan lagi hal yang asing. Bahkan dengan menggunakan karpet kantor, maka dapat meningkatkan kenyamanan karyawan selama bekerja. Kenyamanan yang terpenuhi akan berbanding lurus dengan kualitas pekerjaan. Jenis karpet yang biasanya digunakan di gedung perkantoran adalah karpet tebal yang nyaman dipijak saat berlalu lalang. Salah satu jenis karpet tersebut adalah Roll Loop yang memiliki tekstur kasar namun keras sehingga cocok untuk area yang heavy duty. Karpet gulungan ini biasanya dilapisi foam untuk menambah kenyamanan saat dipijak. Harganya pun ekonomis sehingga banyak gedung perkantoran yang menggunakannya tanpa mengeluarkan biaya berlebihan.

Selain berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan, karpet juga memiliki fungsi lain yaitu mampu meredam bunyi. Kantor yang membutuhkan suasana tenang serta tidak ingin mendengar suara sepatu beradu dengan lantai, maka dapat menggunakan karpet dengan ketebalan sesuai yang dibutuhkan. Karpet juga berfungsi mengurangi resiko terpeleset, terutama para pekerja wanita yang sering menggunakan heels.

Kantor pasti memiliki banyak komputer yang terhubung satu dengan lainnya untuk berbagi data, sehingga tidak heran jika ditemukan banyak kabel. Nah, keuntungan lainnya karpet juga bisa menyembunyikan saluran listrik dan kabel lainnya sehingga ruangan lebih rapi serta tidak membahayakan orang-orang yang melintas.

Tips Membersihkan Karpet Pada Ruangan Kantor

Banyaknya gedung yang menggunakan karpet membuat toko karpet Jakarta menyediakan berbagai macam jenis dan motif karpet untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Tidak dipungkiri bila penggunaan karpet sebagai interior juga menambah kesan artistik dan membuat ruangan kantor menjadi lebih menarik. Tetapi, yang namanya tempat umum pasti ada saja yang membuat karpet menjadi kotor lebih cepat. Apalagi membersihkan karpet membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Beragam jenis orang berlalu lalang bisa membuat karpet kotor jika tidak dirawat atau dibersihkan secara teratur.

Berikut ini adalah cara-cara sederhana yang dapat dilakukan untuk membersihkan karpet kantor:

1. Menggunakan Alat Penghisap Debu

Pihak kantor pasti mempunyai tim yang bertugas untuk membersihkan karpet secara teratur. Biasanya mereka dilengkapi peralatan untuk memudahkan pekerjaan. Salah satunya adalah menggunakan vakum berkualitas yang mampu menghisap kotoran dari serat karpet. Semakin banyak orang yang berlalu lalang, maka karpet harus semakin sering dibersihkan. Debu dan kotoran yang tidak segera dibersihkan dapat menyebabkan karpet kusam serta menimbulkan penyakit. Selain itu, karpet yang bersih akan terjaga kesegarannya.

2. Melindungi Area Karpet yang Sering Dilewati

Maksudnya adalah jika karpet terpasang hingga pintu yang menghubungkan area luar kantor, maka lebih baik memasang plastik pelindung. Fungsinya adalah memudahkan pembersihan kotoran yang terbawa dari luar kantor. Orang-orang yang memasuki area kantor biasanya membawa serta kotoran di sepatunya, khususnya saat musim hujan. Maka plastik ini melindungi karpet dari kotor yang berlebihan. Gunakan plastik bening agar tidak terlalu mencolok dan tidak merusak motif karpet.

Baca juga: MENGENAL MANFAAT DAN FUNGSI ROLLER BLIND

3. Segera Bersihkan Tumpahan Pada Karpet

Salah satu jenis tumpahan yang sering dijumpai di karpet kantor adalah kopi. Makanan atau minuman lain juga bisa tumpah jika tidak dibawa dengan hati-hati atau mereka terlalu terburu saat melintasi ruangan. Usahakan untuk segera membersihkan tumpahan-tumpahan tersebut. Membiarkan tumpahan meresap hingga mengering dengan sendirinya membuat karpet semakin sulit dibersihkan. Tumpahan tersebut dapat dibersihkan menggunakan kertas, tisu, atau kain bersih yang memiliki daya serap baik. Agar nodanya semakin samar atau hilang secara sempurna, dapat dituangkan soda kue pada area tersebut dan biarkan selama 15 menit. Setelah tumpahan benar-benar kering, selanjutnya gunakan vakum untuk membersihkannya.

Exit mobile version