Rumah yang dibangun sebagai tempat tinggal selain untuk berkumpul bersama keluarga juga menjadi tempat untuk berlindung dari panas dan hujan. Oleh karena itulah, rumah pastinya dibangun sebagus mungkin serta menggunakan bahan-bahan terbaik agar mampu awet dan bertahan lama. Di antara bagian rumah yang harus dibangun dengan kualitas terbaik meliputi atap, tembok, serta lantai. Ketiga bagian rumah tersebut sangatlah peting sehingga dalam pembuatannya tidak boleh asal-asalan.

Bagi rumah yang berada di dekat jalan raya ataupun di daerah yang sangat kering sering kali mengalami masalah pada lantainya. Masalah tersebut bisa jadi lantai yang retak-retak ataupun amblas ke dalam tanah. Penyebab dari masalah tersebut biasanya lantaran getaran yang berasal dari kendaraan berat yang lalu lalang ataupun karena memang kondisi lantai yang kurang padat pada saat pembuatan rumah. Untuk mengatasi lantai yang bermasalah seperti itu kini sudah ada metode baru yakni metode pemadatan lantai melalui floor hardener.

Metode Pemadatan Lantai Floor Hardener

Floor hardener adalah suatu metode pemadatan lantai menggunakan serbuk khusus yang kemudian akan dipadatkan dengan mesin trowel. Pemadatan tersebut dilakukan ketika beton lantai masih dalam keadaan basah sehingga serbuk tersebut dapat merasuk dan menyatu ke dalam pori-pori beton, sehingga beton menjadi semakin padat dan kuat.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Floor Hardener Pada Lantai Rumah

Pengaplikasian floor hardener ini memang akan membuat lantai menjadi sangat padat, keras, serta permukaannya manjadi rata. Saking padatnya bahkan air yang biasa meresap melalui celah-celah beton kini tidak akan ada lagi. Hal ini dikarenakan celah beton telah tertutup rapat oleh serbuk khusus yang telah menyatu dengan beton tersebut.

Karena menggunakan serbuk khusus serta bantuan mesin pastinya harga floor hardener ini tidaklah murah. Meskipun terbilang cukup mahal, akan tetapi saat ini sudah banyak gedung ataupun perkantoran yang menerapkan pemadatan lantai ini. Gedung yang biasa dipadatkan lantainya meliputi gedung parkir ataupun pabrik-pabrik yang sering dilalui kendaraan berat. Karena alasan itulah lantai yang padat sangat diperlukan agar tidak mudah mengalami kerusakan.

Bagi Anda yang ingin menerapkan metode pemadatan lantai ini pada rumah Anda ada beberapa hal yang harus dipehatikan terlebih dahulu. Di antaranya adalah bagian mana yang akan dipadatkan serta sesuaikan juga dengan kemampuan kantong Anda. karena harga floor hardener yang cukup mahal tentunya semakin banyak lantai yang akan dipadatkan maka akan semakin banyak pula uang yang harus Anda persiapkan untuk hal tersebut. Oleh karena itulah, persiapkan matang-matang terlebih dahulu semuanya.

Selain masalah harga floor hardener yang harus Anda perhatikan lainnya adalah bagian mana yang akan dipadatkan. Pilihlah bagian lantai yang sering dilewati oleh beban berat seperti garasi yang setiap hari pastinya dihuni oleh kendaraan Anda serta tempat dimana air sering merembes. Pada bagian yang sering merembes air lantainya sangat perlu untuk dipadatkan mengingat hal tersebut jika tidak segera ditangani maka dapat merembet ke tembok dan dapat menyebabkan jamur serta berbagai masalah lainnya.

Baca juga: YUK, HITUNG KEBUTUHAN AC RUMAH SEBELUM MEMBELINYA!

Ada baiknya Anda terlebih dahulu berkonsultasi kepada orang yang paham akan seluk beluk rumah sebelum melakukan pemadatan lantai menggunakan floor hardener ini. Konsultasi menjadi wajib dilakukan agar pemadatan tersebut tepat sasaran dan tidak asal-asalan saja. Malah lebih bagus lagi jika seluruh lantai rumah yang akan dipadatkan jadi seluruh ruangan pastinya akan terhindar dari berbagai masalah lantai.

Akan tetapi, hal itu haruslah Anda pikirkan matang-matang terlebih dahulu mengingat harga floor hardener yang tidak murah pastinya apabila semua lantai ingin dipadatkan Anda juga harus mempersiapkan budget yang tidak sedikit.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *