Harga Baja Ringan

Sesuai namanya baja ringan didefinisikan sebagai material yang lebih ringan dibandingkan dengan baja konvensional. Baja ringan diciptakan karena terinspirasi dari fakta bahwa baja disusun dari karbon dan besi yang rentan mengalami karat, sehingga baja ringan diciptakan dengan kekuatan anti karat.

Harga Baja Ringan

Harga baja ringan dibagi menjadi dua jenis, yaitu harga batangan dan harga meteran. Baja ringan batangan maksudnya adalah baja yang biasa dijadikan rangka kanopi suatu bangunan, harga rangka baja ringan atau batangan dipatok dari 60.000 hingga 130.000 per batang tergantung merk dan ukuran. Sedangkan harga permeter sekitar 30.000 hingga 100.000 tergantung merk dan spesifikasinya. Harga ini termasuk harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan jenis rangka lain.

Kelebihan Baja Ringan

Kelebihan Baja Ringan

Baja ringan menjadi alternatif atap dan rangka atap yang populer digunakan karena menawarkan banyak kelebihan yang menguntungkan. Kelebihan tersebut antara lain:

1. Kekuatan tegangan tarik

Sifat dasar baja ringan adalah lentur sehingga mampu menyerap energi dalam jumlah yang besar. karena itulah baja ringan memiliki tensile strength atau kekuatan tegangan tarik yang mencapai 550 Mpa melebihi kekuatan tegangan tarik baja konvensional yang hanya mencapai 300 Mpa.

2. Mudah dan efisien

Karena baja ini ringan, pemasangannya sangat mudah dan menghemat waktu. Selain itu rangka atap baja ringan ini memiliki sambungan yang tidak terlalu rumit, sehingga sangat mudah dipasang. Sambungannya berupa las, keling, baut maupun skrup.

3. Bentuk yang variatif

Bentuk rangka atap baja ringan dapat divariasikan sesuai dengan model atap seperti apa yang akan dibangun, tentu saja dengan memperhatikan beban yang diberikan terhadap rangka. Jika Anda ingin memastikan kekuatan rangka, pasanglah rangka dengan rapat agar kekuatannya semakin besar sehingga tidak keberatan saat diberi beban. Jarang antara satu dan lain rangka maksimal 150 cm.

4. Anti karat

Baja ringan juga didesain dengan kekuatan anti karat, sehingga Anda tidak perlu khawatir dirayapi karena bukan bahan kayu dan tidak perlu khawatir karat karena logam yang menjadi bahan dasar baja ringan ini anti karat.

5. Kemampuan daur ulang

Jika rangka atap baja ringan Anda bongkar, Anda masih dapat memakainya untuk jenis konstruksi lain. sehingga hal ini akan meminimalisir pembiayaan lebih banyak.

6. Dapat digunakan untuk semua jenis atap

Ketika Anda menggunakan rangka baja ringan bukan berarti atap yang Anda gunakan haruslah baja ringan juga. Anda dapat menggunakan berbagai jenis atap seperti atap keramik, kaca, asbes, dan jenis-jenis atap beton.

Kekurangan Baja Ringan

Selain kelebihan, baja ringan juga memiliki kekurangan yang harus Anda ketahui resikonya ketika Anda memilih menggunakan baja ringan. Kekurangan tersebut antara lain:

1. Mudah terbawa angin

Jika Anda tinggal di wilayah yang memiliki intensitas angin yang cukup sering dan besar, maka sebaiknya Anda berpikir ulang untuk menggunakan baja ringan. Karena sambungannya yang hanya menggunakan baut, las, keling maupun skrup yang membuat baja ringan mudah terbawa angin, walaupun secara pemasangan dapat dikerjakan dengan cepat.

2. Tidak terkespos

Jika Anda menggunakan rangka kayu, Anda tidak perlu khawatir jika rangka itu tidak ditutupi karena hal itu akan menambah keindahan bangunan seperti konsep model bangunan modern tropis. Tapi jika Anda menggunakan rangka baja ringan, akan sangat menggangu penampilan interior rumah jika diekspos, maka dari itu penggunaan rangka baja ringan tetap harus disertai penutup plafon.

3. Perhitungan

Perhitungan merupakan hal yang paling krusial dalam memasang rangka baja ringan. Jika Anda sedikit saja keliru menghitung, maka akibatnya akan sangat fatal sekali.

Baca: 6 MOTIF WALLPAPER DINDING 3D

Walaupun dengan kelebihan dan kekurangan baja ringan yang seperti itu, tetap saja jika menilik kepada harga rangka baja ringan yang dipatok, harga tersebut termasuk harga yang ekonomis dibanding dengan jenis rangka lainnya. Mengenai kekurangan baja ringan dapatlah ditemukan solusinya seperti memadukannya dengan bahan dan metode lain agar menjadi rangka yang lebih kuat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *